cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Pendidikan Dasar
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 2 (2005)" : 5 Documents clear
Keefektifan Penerapan Model SEQIP Dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA Di PGSD FKIP UNEJ Imam Mudakir,
Pendidikan Dasar Vol 6, No 2 (2005)
Publisher : Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan penerapan model SEQIP dalam pembelajaran konsep dasar IPA. Percobaan dilakukan pada kelas yang dipilih secara purposive random. Data diperoleh dari pre-test dan past-test dan dianalisis dengan rumus keefektifan relatif. Hasilnya menunjukan cukup efektif (28,2%).This research aims at finding out the effectiveness of the application of SEQIP model in learning basic concept of Natural Science. The data obtained were the results of pre-test and post-test given to selected students of D2 PGSD and analyzed using relative effectiveness. The finding shows that SEQIP was quite effective, therefore it is suggested that teachers and related institutions use SEQIP learning model to teach Basic concept of Natural Science.
Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan: Karakteristik Anak SD Pertimbangan Penting Dalam Memberikan Kegiatan Cabang Olahraga Tinju I Made Sriundy Mahardika,
Pendidikan Dasar Vol 6, No 2 (2005)
Publisher : Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian literature ini mengkaji secara teoritis kelayakan cabang olahraga tinju bagi anak SD ditinjau dari karakteristik fisik, sosial-emosional dan mentalnya. Literatur utama yang di kaji: Evaluasi Program Diploma-II Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Sriundy,Thesis: 1998) ditambah literature iterature pendukung. Kesimpulan dari penelitian ini: 1) Karakteristik fisik, sosialemosional dan mental anak SD, mendukung kegiatan latihan Tinju,. 2) Olahraga Tinju dapat dijadikan alternatif kegiatan Penjas di SD terutama bagi anak lelaki, dengan memperhatikan kategori-kategori kelas anak SD.This literary study theoretically reviewed the feasibility of boxing sport for students of elementary schools observed from their physical, socio-emotional and mental characteristics. The main literature reviewed was an evaluation on D2 PGSD of Physical and Health Education Program (Sriundy, thesis:1998) and other supporting literatures. The findings were 1) the studentsÂ’ physical, socio-emotional and mental characteristics supported the activities of boxing training; 2) boxing sport could be perceived as an alternative activity of Physical Education in Elementary Schools especially for boys regarding the class categories of elementary school students.
Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Pembelajaran Konstruktivisme Wahyu Sukartiningsih,
Pendidikan Dasar Vol 6, No 2 (2005)
Publisher : Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan (MMP) di kelas 1 sekolah dasar (SD). Penelitian ini menggunakan tiga siklus pembelajaran kontruktivisme, yaitu (1) mengenalkan huruf dengan media kartu kata bergambar, (2) membaca dan menulis kata dan suku kata berulang dengan media cerita bergambar yang didesain khusus, dan (3) membaca dan menulis kalimat sederhana dengan media cerita bergambar yang didesain khusus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa dalam bentuk: 1) menurunnya membaca dengan mengeja sehingga dapat meningkatkan kelancaran membaca dan menulis siswa, (2) meningkatnya pemahaman siswa terhadap bahan bacaan, dan 3) meningkatnya minat dan motivasi siswa untuk membaca dan menulis permulaan.The research purpose is to investigate the effect of constructivism teachinglearning on enhancing the ability of beginning reading and writing of the 1 first grade students of primary schools. This study used three cycles of constructivism teaching learning ,i.e. introducing 1) letters using picture card media; 2) reading and writing words and syllables using picture story media; 3) reading and writing simple sentences. The finding shows that constructivism teaching learning could enhance the studentsÂ’ ability of beginning reading and writing in terms of 1) reducing the spelling-out activity while reading; 2)improving their Reading Comprehension; 3) improving their interest and motivation in reading.
Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa SLTP Untuk Mengikuti Program Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Di Sekolah Anung Priambodo,
Pendidikan Dasar Vol 6, No 2 (2005)
Publisher : Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui peran keluarga dalam meningkatkan motivasi siswa SLTP dalam mengikuti program pendidikan jasmani di sekolah. Berdasarkan analisis berbagai referensi dan hasil penelitian berdasarkan teknik cluster analisis ternyata ada hubungan yang erat antara kedekatan anak di keluarga dengan pola motivasi yang bersifat instrinsik seperti team spirit dan pengembangan keterampilan. Sedangkan anak yang tidak menunjukkan kedekatan dengan keluarga menunjukkan kaitan erat dengan pola motivasi ekstrinsik seperti status dan pengakuan. Kedekatan dengan keluarga mendukung terciptanya motivasi instrinsik yang menjadi pendorong semangat untuk tetap terlibat dalam program pendidikan jasmani di sekolah.The study aims to know the family role in increasing the motivation of junior high school students to participate in physical education programs at school. The finding indicates that parent-child closeness is related to intrinsic motivation patterns like team spirit and skill development. Whereas the absence of such shows the existence of extrinsic motivation, like status and acknowledgement. It proves that family togetherness encourrages intrinsic motivation which fosters to actively participated in physical education at schools.
Respon Siswa SLTP Khodijah Surabaya Terhadap Kegiatan Ujicoba Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Elok Sudibyo,
Pendidikan Dasar Vol 6, No 2 (2005)
Publisher : Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Terpadu SLTP dan mendeskripsikan respon siswa yang belajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran tersebut. Dengan Four-D Model, yaitu: define, design, develop dan disseminate. Dari 45 siswa di SLTP Khodijah Surabaya; Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan dengan baik dan siswa menikmati suasana pembelajaran. Mayoritas siswa (58%) merasa senang dengan pembelajaran IPA Terpadu, dan sisanya (42%) merasa biasa-biasa saja. Hal-hal yang membuat IPA Terpadu tersebut menyenangkan antara lain: banyak kegiatan praktik, siswa mendapat kesempatan kerja kelompok, diberi kesempatan mengeluarkan pendapat/bertanya/diskusi, memperoleh hal-hal baru dalam belajar, semakin mengerti kaitan IPA dengan kehidupan sehari-hari, serta siswa merasa IPA semakin mudah dipahami.This research is designed to develop learning material of Integrated Science for SLTP and to describe the studentsÂ’ response. This is a development research applying For-D models consisting of 4 steps: define, design, develop and disseminate appli3ed to 45 students of SLTP Khodijah Surabaya. The result shows that the response was positive from most students (58%) and moderate from the rest (42%). Furthermore, ISL creates fun because students can practise a lot, work in group, share ideas, get new information, understand how science and real life are related.

Page 1 of 1 | Total Record : 5